17 Mei 2019

Network Centric Principles dan SOA (Service Oriented Architecture)

Nama                                            : Ilham Yoga Prabhaswara
NIM                                              : 1605551113
Mata Kuliah                                 : Network Centric Principles
Dosen                                           : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana


     SOA (Service Oriented Architecture) atau arsitektur (sistem/software) berbasis layanan. SOA merupakan sebuah pendekatan dalam merancang desain sistem/software, dimana service yang ada dalam setiap komponen. Setiap komponen memberikan jenis layanan bisnis (service) tertentu. Contoh : service untuk pembayaran, transfer pembayaran, mengecek status akun bank, pada sebuah sistem perbankan berbasis SOA.

      SOA memerlukan jaringan komputer, sebagaimana sistem/software lainnya. NCP menyediakan sejumlah solusi untuk arsitektur jaringan, konten, data, service, hingga keamanan. SOA dan NCP dipadukan untuk kebutuhan enteprise yang lebih baik.Tujuan utama pemerintah dalam Network-Centric Warfare (NCW) adalah bahwa NCW menyediakan mekanisme yang memungkinkan untuk berbagi informasi dan pemahaman serta kesadaran bersama situasi militer. NCW menuju pada konsep Service-Oriented Architecture (SOA), di dalamnya dimana semua layanan fungsional, termasuk Layanan Data Fusion, mungkin akan beroperasi.

      Departemen Pertahanan (DoD) untuk membangun Net-Centric Environment (NCE) yang semakin memanfaatkan layanan bersama dan Arsitektur Berorientasi Layanan (SOA). NCE DoD adalah kerangka kerja untuk konektivitas manusia dan teknis dan interoperabilitas yang memungkinkan pengguna DoD dan mitra misi untuk berbagi dan melindungi informasi dan untuk membuat keputusan. NCE terdiri dari berbagai layanan misi dan bisnis serta layanan infrastruktur bersama dan bersama.

      Pendekatan ini merupakan inti dari SOA dalam dokumen DOD. SOA adalah paradigma untuk mendefinisikan, mengatur, dan memanfaatkan kapabilitas terdistribusi dalam bentuk layanan perangkat lunak yang digabungkan secara longgar yang mungkin berada di bawah kendali domain kepemilikan yang berbeda. Ini memberikan cara yang seragam untuk menawarkan, menemukan, berinteraksi, dan menggunakan kemampuan untuk menghasilkan efek yang diinginkan yang konsisten dengan prasyarat dan harapan yang terukur.

SUMBER

I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Centric Principles Pertemuan 10". 2019

0 komentar:

Posting Komentar

Nama :