18 September 2016

Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial Serta Keterkaitannya Dengan Sosial Media dan Sosial Network


Nama                                            : Ilham Yoga Prabhaswara
NIM                                              : 1605551113
Mata Kuliah                                 : Aplikasi Sosial Media (C)
Dosen                                           : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana
            Di zaman digital ini, keberadaan komputer dan internet merupakan sesuatu yang umum. Hampir semua bidang kehidupan manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial sangat terbantu dengan adanya social media dan social network dalam perkembangan internet.Pada beberapa studi kasus di kehidupan sehari-hari, komputer dan internet bahkan menjadi kebutuhan primer, bukan lagi sekunder. Misalkan saja pada masyarakat perkotaan bersar yang telah terjamah modernisasi.
             Manusia memiliki dua sifat alamiah, yaitu manusia sebagai makhluk individu dan manusia sebagai makhluk sosial. Kata individu berarti sesuatu yang tidak bisa dibagi-bagi atau organisme yang berdiri sendiri. Secara fisiologi, individu berarti ia yang bersifat bebas, artinya tidak memiliki hubungan organik dengan sesamanya. Dengan demikian manusia sebagai makhluk individu akan selalu mengembangkan kemampuan yang ada didalam dirinya sendiri, seperti bertahan hidup dan lainnya tanpa bantuan orang lain. Manusia sebagai makhluk individu diberi akal, pikiran dan emosi yang menjadikan manusia sebagai makhluk individualis, yaitu manusia yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Manusia sebagai makhluk sosial bertindak dengan cara bersosialisasi dan berinteraksi antar sesamanya dengan menampakkan dirinya dalam berbagai bentuk dimasyarakat dan lingkungan dengan memanfaatkan alam untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan sesama. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena pada diri manusia ada dorongan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain.
            Pada era digital saat ini, masyarakat sudah terbiasa menggunakan internet. Internet sudah menjadi teknologi yang sangat umum digunakan. Hampir semua jenis layanan dan aplikasi baik komputer desktop maupun komputer jinjing (laptop) , hingga perangkat mobile, terhubung ke internet mulai dari untuk bekerja, hingga untuk bersantai. Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking, atau jaringan yang saling berhubungan satu sama lain. Internet merupakan jaringan komputer terbesar di dunia yang menghubungkan semua jaringan komputer (termasuk komputer itu sendiri) yang ada di dunia, baik menggunakan media kabel (wired) ataupun nirkabel (wireless). Hal ini berarti bahwa di internet banyak komputer di dunia yang saling berhubungan satu sama lain.

            Dalam perkembangan internet, social media dan  social network adalah salah satu contoh yang paling menonjol. Social media saat ini banyak sekali bermunculan di internet, karena begitu banyak dan mudahnya mengakses social media dari berbagai perangkat. Contohnya seperti komputer desktop, komputer jinjing hingga perangkat smartphone. Social media merupakan tempat dimana masyarakat pada zaman ini dapat dengan mudah berbagi informasi, konten, data ke dalam koneksi jaringan mereka yang kemudian membentuk social network. Blog dan wiki merupakan salah satu bentuk dari social media yang sering digunakan masyarakat. Keberadaan social media dengan pengguna internet di seluruh dunia, memunculkan sebuah jaringan tersendiri yang kita sebut dengan social network. Social network merupakan sebuah struktur sosial di internet, dimana di dalamnya terdapat banyak pengguna yang terhubung dan berdiskusi sesuai dengan minat mereka masing-masing. Instagram, Twitter dan Facebook merupakan beberapa contoh dari jejaring sosial. Perbedaan mendasar antara social media dan social network adalah jika social media menggunakan blog / forum untuk berinteraksi online, maka social network menggunakan situs website sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang menggunakan situs tersebut. Penyampaian informasi dan media yang digunakan menjadi perbedaan yang terlihat diantara social media dan social network.

            Salah satu dampak social media dan social network pada kehidupan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial adalah manusia sebagai makhluk individu dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan adanya e-commerce pada social media. Manusia sebagai makhluk individu dapat berbelanja secara online tanpa harus datang ke tempat penjual barang/jasa yang ia butuhkan. Hal ini sangatlah bermanfaat karena dapat mengurangi keterbatasan biaya, ruang dan waktu. Di dalam social network manusia manusia dapat saling berinteraksi dalam hal tawar menawar harga, sehingga hal ini sekaligus membuktika bahwa manusia sebagai makhluk sosial.
             Dengan adanya manfaat-manfaat yang diberikan oleh perkembangan internet dalam bentuk social media dan social network bagi manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, sudah jelas bahwa hal tersebut mempengaruhi gaya hidup manusia itu tersendiri. Sehingga timbul lah beberapa dampak negatif seperti kecanduan internet, penipuan, penculikan hingga pencurian data-data pribadi. Namun hal itu kembali lagi kepada diri sendiri, karena pada dasarnya social media diciptakan untuk kebaikan seluruh penggunanya. Jika pengguna tersebut memanfaatkan hal tersebut dengan baik dan benar, maka hasil yang didapat pun akan lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Refrensi

1. Eka Pratama, I Putu Agus. Komputer dan Masyarakat. Informatika. Bandung. 2014
2. Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.pdf  

0 komentar:

Posting Komentar

Nama :