25 September 2016

Social Media Dan Social Network Serta Penerapannya di Indonesia



Nama                                            : Ilham Yoga Prabhaswara
NIM                                              : 1605551113
Mata Kuliah                                 : Aplikasi Sosial Media (C)
Dosen                                           : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana

Pesatnya perkembangan teknologi dibuktikan dengan banyaknya social media dan social network yang bermunculan. Kemunculan social media dan  social network memiliki beberapa pengaruh, seperti mempermudah ataupun mempercepat para penggunanya mendapatkan informasi dan juga mempermudah terbentuk dan jalannya kerja sama karena mudahnya melakukan komunikasi.
Di Indonesia, bentuk penerapan social media dan social network terbagi menjadi 4 bidang, yaitu:
a)      Social Media dan Social Network pada Bidang Bisnis.
Contohnya Over The Top (OTT) skema, Biasa hal ini berhubungan dengan konten, seperti Faceboo, Twitter dan Google.

b)      Social Media dan Social Network pada Bidang Pemerintahan.
Contohnya masyarakat bisa mengajukan keluhan kepada pemerintah daerah pada khususnya, mengenai hal-hal yang merugikan ataupun tentang kejelasan suatu kebijakan, dan juga sebaliknya pemerintah dapat dengan mudah menginformaskan kepada masyarakat mengenai hal-hal yang menyangkut kebijakan untuk masyarakat sekitar.

c)      Social Media dan Social Network pada Bidang Pendidikan
Contohnya mahasiswa bisa dengan mudah mendapatkan silabus, materi dan tugas lewat website kampus tempat mereka berkuliah dalam bentuk e-learning.

d)     Social Media dan Social Network pada Bidang Profesi
Contohnya adanya aplikasi OTT untuk para petani yang bernama “Petani”. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memberikan informasi terkait tentang permasalahan pertanian, tempat penjualan alat-alat pertanian, informasi pelatihan pertanian, serta forum online dengan sesame petani diseluruh Indonesia.
Indonesia tercatat sebagai salah satu dari beberapa negara dengan pegguna media sosial terbanyak di dunia. Hal ini dikarenakan kesadaran manusia akan manfaat yang ditimbulkan dengan menggunakan media sosial. Ada beberapa aplikasi yang tercatat yang tingkat pemakaiannya sangat tinggi di Indonesia, namun aplikasi tersebut umumnya buatan dari luar negeri, contohnya seperti : Google, Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi yang lainnya.
 Hal ini sangat di sayangkan sebab beberapa anak bangsa juga telah menciptakan beberapa aplikasi media sosial  yang tentunya memiliki kegunaan yang sama seperti aplikasi dari luar negeri. Beberapa aplikasi buatan anak negeri yang patut banggakan, yaitu : Sebangsa, Mindtalk, Catfiz, KASKUS, TaniHub dan masih ada beberapa lainnya. Berikut beberapa review tentang aplikasi buatan anak dalam negeri.


 

1.      Catfiz

Catfiz pada dasarnya adalah aplikasi instant messenger seperti halnya BBM atau Whatsapp, namun Catfiz lebih kaya akan fitur media sosial. Di aplikasi ini juga ada fitur like, timeline, dan page seperti Instagram. 

Seperti aplikasi instant messenger lain, di Catfiz penggunanya juga bisa membuat Group Messages untuk saling berbagi konten, mulai dari foto, video, audio, hingga file. Beberapa fitur andalan Catfiz antara lain personal messages, updates, broadcast message, stickers, dan masih banyak lagi.



2.      Sebangsa
Sebangsa dibuat oleh PT Sebangsa Pertama. Asal usul pembuatan social media ini karena keresahan salah satu pendiri dari Sebangsa. Menurut dia negara Indonesia merupakan negara pengguna terbesar social media tapi kenapa tidak ada aplikasi buatan indonesia sendiri. Atas dasar itu PT sebangsa bersama membuat apikasi social media sebangsa. Saya udah download social media sebangsa. Tampilannya seperti twitter dicampur path. Bahasa yang digunakan adalah bahasa indonesia dan aplikasi sebangsa ini hanya diperuntukkan buat pengguna lokal.





3.      KASKUS
Aplikasi Kaskus merupakan salah satu aplikasi karya anak bangsa yang paling populer dikalangan masyarakat. Kaskus sendiri diciptakan oleh Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, dan di luncurkan pada 6 November 1999 silam. Kaskus sendiri merupakan penerapan dari social media di bidang bisnis, sebab aplikasi ini difokuskan pada kegiatan jual beli.





Tujuan awal diciptakan kaskus adalah untuk mempersatukan rakyat Indonesia di seluruh daerah di Indonesia maupun di luar negeri. Diharapkan dengan adanya aplikasi para pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya meski terpisah jarah dan waktu. Kaskus memiliki forum jual beli yang merupakan forum utama dari aplikasi ini.  Forum ini dapat diakses melalui menu FJB yang memiliki sub forum di dalamnya.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Nama :