23 Oktober 2016

KASKUS - Forum Online Buatan Anak Bangsa


Nama                                            : Ilham Yoga Prabhaswara
NIM                                              : 1605551113
Mata Kuliah                                 : Aplikasi Sosial Media (C)
Dosen                                           : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana


       Pada perkembangan sosial media dan sosial network, penggunaan forum diskusi online sudah mulai banyak dipergunakan. Pada saat ini, penggunaan forum tidak hanya untuk berdiskusi, tetapi juga untuk berjualan, membaca berita, berbagi ilmu dan informasi, berjualan, berorganisasi, ataupun hanya sekedar berinteraksi dengan sesama penggunanya. Salah satu forum buatan anak bangsa yang terkenal adalah Kaskus. KASKUS atau Kasak Kusuk (arti kaskus) awalnya didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga mahasiwa asal Indonesia yang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat KASKUS untuk memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan. Pada tahun 2008, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata memutuskan untuk mengelola KASKUS secara profesional. Situs KASKUS, personel & infrastuktur yang terkait akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun ini. KASKUS terbagi kedalam dua jenis forum yaitu Forum & Forum Jual Beli (FJB). Forum adalah tempat untuk mendiskusikan segala hal. FJB adalah tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk.

       Sebenarnya, menggunakan KASKUS tidak harus menjadi member dalam artian terdaftar di forum KASKUS. Kita masih dapat melihat isi dari thread yang dibuat oleh para Kaskuser itu sendiri. Penasaran KASKUS seperti apa ? Yuk langsung aja kita kunjungi laman web nya di kaskus.co.id. Untuk Android dan iOS user, bisa download aplikasi KASKUS mobile di Playstore ataupun AppStore masing-masing.



~


       Pada halaman awal KASKUS, bisa kita lihat ada bebera pilihan Hot Threads. Jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia, thread sendiri memiliki arti benang. Thread memiliki arti tersendiri di dalam penggunaannya di dunia Internet khusunya forum. Thread dalam forum dapat diasumsikan sebagai jaringan komunikasi antar sesama user di sebuah forum, yang digunakan sebagai ajang untuk berdiskusi dan bertukar informasi antar sesama user. Thread dibuat oleh Thread Starter (TS), TS biasanya akan membawakan suatu topik pembahasan ataupun informasi tertentu yang mana akan dia posting dalam berbentuk thread untuk di diskusikan dengan sesama user. Hot Threads (HT) merupakan sistem yang diusung KASKUS, dimana thread tersebut memiliki jumlah view ataupun respon yang tinggi dari Kaskuser dalam waktu singkat. Biasanya suatu thread dapat dijadikan Hot Thread karena respon dan viewnya banyak, namun juga bisa melalui rekomendasi dari para Kaskuser yang menganggap sebuah thread tersebut layak untuk menjadi Hot Threads. Hot Threads di KASKUS berbeda-beda setiap harinya, seperti thread yang membahas sesuatu yang lagi booming di masyarakat agar para Kaskuser mengetahui apa saja kejadian yang terjadi disekitar mereka.

       Selain Hot Threads, di halaman depan laman KASKUS terdapat juga beberapa konten lain, seperti Hot Reviews, KASKUS Live, KASKUS Store, KASKUS Ads, News, Highlight Activities, Videos dan masih banyak lagi.


       Sebenarnya, agak kurang afdol kalo KASKUS-an tapi belom terdaftar jadi Kaskuser, yuk daftar dulu di sini. Yang sudah punya id KASKUS, yuk login. Memang tidak ada perbedaan mendasar untuk menikmati KASKUS sebagai member terdaftar maupun tidak. Namun, bila kita terdaftar, kita bisa ikut berinteraksi dengan sesama Kaskuser untuk sekedar tukar informasi, memberi komentar, berinteraksi melalui private message dan visitor message dan bahkan kita dapat memberikan Cendol/GRP (Good Reputation Point) maupun Bata/BRP (Bad Reputation Point) untuk sesama user, dll.


       Selanjutnya kita dapat memilih kategori mana yang mau kita baca, dan selanjutnya akan disalurkan secara otomatis kesebuah subforum yang sesuai dengan kategori yang kita pilih.


       Bila kita ingin mengetahui forum lengkap dengan subforum sesuai dengan urutan abjad, kita dapat memilih pilihan “Semua Kategori” atau langsung menuju ke link ini.


       Untuk saya pribadi, saya lebih sering jalan-jalan ke subforum Stories From The Heart (SFTH) dan subforum Regional Bali. Pada subforum SFTH, disini kita dapat banyak menemukan tulisan-tulisan dari para Kaskuser yang menceritakan tentang kehidupan nyata mereka ataupun hanya sebuah karya fiksi. Salah satu tulisan Kaskuser yang saya suka adalah Diary Misteri – Keluarga Tak Kasat Mata yang berasal dari kisah nyata (Based on True Story) dengan genre Horror. Karena thread ini sudah tamat (cerita yang disampaikan sudah selesai), TS thread ini mengajukan permintaan kepada moderator subforum, agar threadnya ditutup / closed dalam artian masih bisa dibaca (diakses), namun tidak bisa dikomentari guna menghindari adanya junker.


       Dalam sebuah subforum, memiliki beberapa moderator yang bertujuan untuk menjaga ataupun mengawasi subforum tersebut dari adanya junker ataupun spammer. Selain itu, moderator bertugas untuk membantu para Kaskuser mengelola thread mereka, seperti untuk menutup thread ataupun menghapus thread. Moderator merupakan kepercayaan administrator forum untuk menjaga forum maupun subforum. Moderator diangkat bukan berdasarkan jumlah postingan atau kapan dia join, melainkan melalui pertimbangan dari administrator apakah ybs layak untuk dijadikan moderator atau tidak.

~

       Gimana ? Tertarik untuk membuat thread ? Atau masih malu dan ingin belajar dulu ? Tenang, KASKUS memiliki subforum untuk para Kaskuser yang ingin belajar membuat thread. Yuk ke subforum Buat Latihan Posting. Di subforum tersebut kita bisa belajar membuat thread ataupun belajar mengkomentari sebuah thread. Yuk, mulai belajar bikin thread..

Klik gambar “Bikin Thread”




       Buat kalian yang sudah biasa nge-blog, mungkin sudah terbiasa dengan tampilan seperti diatas, Karena memang tidak banyak perbedaan antara membuat artikel di blog dengan membuat thread di forum.


       Nah, kalo sudah selesai menulis, kalian bisa menambahkan emoticon maupun foto agar thread kalian menjadi lebih menarik. Dibagian atas, kalian bisa liat preview seperti apa thread kalian nantinya.




Sudah yakin ? Yuk Posting!


Selamat! Thread kalian sudah jadi. Gimana ? Mudah kan ?


       Kalian bisa membagikan thread kalian melalui Facebook, Twitter, Google+, E-mail, dan juga link. Kalian juga bisa memberikan rate jika kalian merasa thread tersebut bermanfaat.


       Untuk mengomentari sebuah thread, tersedia sebuah kolom paling bawah dibagian halaman pertama (Page One) sebuah thread. Di kolom tersebut, kalian bisa memberikan komentar kalian tentang thread tersebut. Atau kalian juga bisa meng-klik gambar “Post Reply




~


       KASKUS menyediakan beberapa fitur untuk mendeskripsikan diri kita agar mempermudah kita untuk berinteraksi dengan sesama Kaskuser. Kita juga dapat menambahkan Kaskuser lain sebagai teman kita dengan cara mengunjungi profile mereka. Jangan lupa add ane ya gan (klik emoticon).


       KASKUS memiliki beberapa title untuk para Kaskuser, title tersebut diberikan berdasarkan banyaknya post yang sudah mereka lakukan.
  1.              1. 0 – 99 Post : Newbie
  2.              2. 100 – 499 Post : Kaskuser
  3.              3. 500 – 749 Post : Aktivis Kaskus
  4.              4. 750 – 999 Post : Kaskus Holic
  5.              5. 1.000 – 3.999 Post : Kaskus Addict
  6.              6. 4.000 – 9999 Post : Kaskus Maniac
  7.              7. 10.000 – 24.999 Post : Kaskus Geek
  8.              8. 25.000 – 49.999 Post : Kaskus Freak
  9.              9. 50.000++ Post : Made In Kaskus
~

       KASKUS saat ini menduduki peringkat ke-12 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia (23 Oktober 2016) menurut situs Alexa. Sebenarnya saya pribadi agak sedih melihatnya, pada periode 2008 – 2011 KASKUS sempat menempati peringkat ke-2 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. KASKUS saat ini kalah dengan belanja online (E-Commerce) yang masih seumur jagung. Ada beberapa hal yang sebenarnya perlu diperbaiki oleh KASKUS untuk bisa kembali lagi seperti dulu. Seperti mengurangi para Kaskuser yang berkomentar secara OOT (Out Of Topic), mengurangi banyaknya thread copy-paste yang menjadi HT dan juga merubah beberapa fitur dari FJB karena kurangnya inovasi sehingga dikalahkan dengan situs belanja online yang masih baru.

~

       Pada artikel kali ini, saya lebih menekankan kepada forum KASKUS itu sendiri. Masih banyak sebenarnya fitur-fitur dari KASKUS yang belum sempat saya jelaskan seperti FJB KASKUS, namun tidak sempat karena keterbatasan waktu dan adanya tanggungjawab lain. Bila ada kesempatan, saya akan membahas tetang FJB KASKUS di artikel berikutnya. Sekian.

Semoga Bermanfaat.

Refrensi :

1. About KASKUS
2. Inilah Alasan Kenapa "Capcay" Di Matikan Oleh Kaskus

0 komentar:

Posting Komentar

Nama :