21 Februari 2018

Pengertian Tentang Network Operating System

Nama                                            : Ilham Yoga Prabhaswara
NIM                                              : 1605551113
Mata Kuliah                                 : Network Operating System
Dosen                                           : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana

Halo guys, lama nih udah ngga ketemu. Dikesempatan kali ini, aku bakal bahas tentang Network Operating System. Yuk simak penjelasannya!

Network Operating System, merupakan salah satu matakuliah yang membahas seputar sistem operasi yang digunakan dalam dunia jaringan komputer. Matakuliah ini juga membahas seputar konsep dasar dari sistem operasi , fungsionalitasnya. Dan tentu saja matakuliah ini akan membahas tentang konsep dasar, infrastruktur pendukung, karakteristik, jenis-jenis serta penggunaan Network Operating System dalam jaringan komputer itu sendiri. Gimana ? Sudah terbayang ?

Sebelum lebih jauh, sudah pada paham belum sistem operasi itu apa ? Sebelumnya, kita bagi dulu kalimatnya menjadi sistem dan operasi, karena masing-masing dari mereka memiliki makna yang berbeda. Menurut dari berbagai pendapat yang saya baca, Sistem merupakan serangkaian dari subsistem yang saling berkaitan antara satu sama lainnya, bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan operasi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu.

Nah, dari definisi-definisi diatas, dapat kita simpulkan bahwa sistem operasi merupakan serangkaian subsistem yang saling terkait dan bergantung satu sama lain dan bekerja bersama-sama dengan cara melakukan operasi (kegiatan menyelesaikan masalah) di dalam sebuah komputer.

Menurut William Stalling, Sistem Operasi merupakan Program Komputer (Software) utama yang bertindak sebagai penghubung dan tatap muk (interface) antara hardware dengan software lainnya, yang sekaligus mengontrol eksekusi program/software/aplikasi”.

Gambar Struktur Hardware dan Software pada komputer

Gambar Struktur Hardware dan Software pada komputer.


  1. Peran Sistem Operasi sendiri, antara lain adalah :

1. Memudahkan pengguna komputer
Sistem operasi tentunya sangat memudahkan pengguna komputer dalam melakukan penggunaan komputer secara umum. Bayangkan saja apabila mereka harus mengcopy-paste file mereka dari satu direktori ke direktori lain menggunakan sistem DOS, pasti sangat melelahkan.

2. Mengefisiensikan sumber daya komputasi
Selain mempermudah, sistem operasi juga membantu untuk mengefisienkan proses yang ada pada komputer agar dapat berjalan dengan semestinya dan meminimalisir terjadinya error akibat dari adanya kesalahan komputasi dari dalam sumber daya komputer itu sendiri.

3. Membantu pengembangan, pengujian, perbaikan aplikasi dan layanan
Nah, tentu saja. Adanya sistem operasi ini akan sangat membantu pengembangan, pengujian dan perbaikan aplikasi dan layanan yang ada pada komputer. Karena hadirnya sistem operasi ini sendiri membantu para developer untuk untuk mencoba dan mengembangkan produk mereka agar jauh lebih baik lagi.

Sistem Operasi Jaringan yang biasanya digunakan adalah Linux dan FreeBSD. Mungkin di lain kesempatan, saya bakal bahas salah satunya lebih mendalam.

  1. Fungsi khusus dari OS, yaitu:

1. Membantu pengembangan softaware (IDE, Debugger, Editor)
2. Eksekusi program (Executeable, Install).
3. Akses ke I/O device.
4. Kontrol akses ke file dan data (privilege).
5. Akses ke sistem (root, user).
6. Pendeteksian error dan penanganannya.
7. Menghitung statistik penggunaan resource komputasi.
8. Manajemen instruksi melalui bahasa mesin (software) dan hardware
9. Penanganan data binary
10. Penyediaan API (Application Programming Interface) untuk pengembangan software.





Penghubung antara Sistem Operasi dan Manajemen Sumber Daya yang ada pada komputer.

Kesimpulannya adalah Sistem Operasi merupakan komponen penting di dalam sistem komputer. Sistem operasi menjadi penghubung antara software dan hardware agar dapat berjalan dengan semestinya. Sistem operasi juga yang menjadi penghubung antara user dan sistem yang ada pada komputer. Karena sistem operasi lah yang menyediakan tampilan sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikan komputer dan melakukan pengembangan maupun pengujian pada sebuah aplikasi.

Sekian postingan saya kali ini, sampai jumpa di postingan berikutnya!
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Nama :