11 April 2018

Kernel dan Kernel Linux

Nama                                            : Ilham Yoga Prabhaswara
NIM                                              : 1605551113
Mata Kuliah                                 : Network Operating System
Dosen                                           : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana

  1. Kernel

Kernel merupakan inti dari sebuah Sistem Operasi. Inti dari Sistem Operasi itu sendiri memuat utilitas, fungsi-fungsi dasar serta kemampuan utama sebuah OS / NOS secara umum. OS sendiri merupakan penghubung anatara software dengan hardware pada sebuah sistem komputer, sedangkan kernel merupakan inti dari OS tersebut. Oleh karena itu, Kernel pasti terdapat pada setiap OS atau NOS apapun. Kernel ditulis dalam bahasa pemrograman, biasanya ditulis di dalam bahasa C.
  1. Kernel Linux


Kernel pada linux merupakan inti dari sistem operasi Linux itu sendiri. Kernel Linux dan aplikasi-aplikasi berlisensi dari FOSS (GNU) merupakan OS/NOS/Linux itu sendiri. Kernel Linux diciptakan oleh Linus Trovald, yang tak lain merupakan pencipta OS Linux.

Kernel Linux dan OS/NOS Linux telah mengalami perkembangan pesat selama 20 tahun terakhir ini. Perkembangan Linux ini sendiri terdapat di berbagai macam aspek seperti server, desktop, mobile, embedded system, wireless sensor network, Artificial Intelligence, Intelligence Transportation System, Big Data, Machine Learning, Internet of Things.

  1. Percobaan Pengamatan
1. Silakan undu kernel Linux versi awal pada link berikut : https://mirrors.edge.kernel.org/pub/linux/kernel/Historic/linux-0.01.tar.gz
2. Ekstrak hingga membentuk folder dan subfolder yang berisi beberapa file (file .c dan .h)
3. Pelajari source code tersebut.


Bila diperhatikan pada gambar diatas, file const.h ini berfungsi untuk mendefinisikan nilai yang ada pada suatu proses pada file lain. File ini nantinya akan dipanggil pada suatu file proses untuk mengisi nilai variable pada proses tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Nama :