26 April 2018

NOS dan Cloud Computing

Nama                                            : Ilham Yoga Prabhaswara
NIM                                              : 1605551113
Mata Kuliah                                 : Network Operating System
Dosen                                           : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana

Cloud Computing

NIST (National Institute of Standard and Technology) didalam draftnya yang berjudul The NIST Defnition of Cloud Computing, Peer Meel and Timothy Grance mendefnisikan Cloud Computing sebagai sebuah model yang memungkinkan adanya penggunaan sumber daya (resource) secara bersama – sama dan mudah, menyediakan jaringan akses dimana – mana, dapat dikonfgurasi, dan layanan yang digunakan sesuai keperluan. Hal ini berarti layanan pada Cloud Computing dapat disediakan dengan cepat dan meminimalisir interaksi dengan penyedia layanan Cloud Computing.

Berdasarkan definisi dari NIST, dikatakan bahwa Cloud Computing memiliki 4 Model Deployment dan 3 Jenis Layanan. 4 Model layanannya adalah sebagai berikut :

- Public (Internet)
- Private (Intranet)
- Hybrid (Keduanya)
- Community (Hub)


3 Jenis Layanan yang diberikan yaitu

- IAAS (Infrastructure as a Service)
- PASS (Platform as a Service)
- SAAS (Software as a Service)


Pada era ini, kita sudah sering menggunakan sosial media sebagai pelengkap kebutuhan hidup kita, atau bahkan kita merasa kurang lengkap apabila kita belum terhubung ke sosial media walau seharipun. Sosial media yang ada pada saat ini sudah menggunakan teknologi cloud computing untuk menyediakan layanan yang ada pada sosial media tersebut. Berikut beberapa jenis sosial media yang menggunakan teknologi cloud computing (dalam bentuk gambar) :


Adapun beberapa perusahaan besar yang juga menggunakan teknologi yang sama, yaitu :


Terdapat beberapa keuntungan apabila menggunakan cloud computing, diantaranya sebagai berikut:

- Keamanan (Secure)
- Kehandalan (Reliable)
- Hemat, sesuai dengan kebutuhan (On Demand)
- Mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna (Perorangan ataupun Entepreise)
- Dukungan yang melimpah (Komunitas open Source, Enetprise, Vendor)

Jadi, cloud computing ini sangat efektif apabila diguanakan pada sistem karena adanya penggunaan sumber daya (resource) secara bersama-sama dan mudahnya untuk mengaksesnya. Cloud computing juga menyediakan akses dimana-mana, dapat dikonfigurasi dan juga layanannya dapat digunakan sesuai dengan keperluan si pengguna itu sendiri. Cloud Computing juga dapat disediakan dengan cepat dan meminimalisir interaksi dengan penyedia layanan Cloud Computing. Keuntungan menggunakan open source untuk cloud computing diantaranya aman, handal, hemat, mudah digunakan serta banyak forum untuk berdikusi.

0 komentar:

Posting Komentar

Nama :