25 Februari 2019

Network Centric dan Network Centric Operations Industry Consortium

Nama                                            : Ilham Yoga Prabhaswara
NIM                                              : 1605551113
Mata Kuliah                                 : Network Centric Principles
Dosen                                           : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana

      Network Centric telah banyak diterapkan di sejumlah negara di dunia. Network Centric biasanya diterapkan pada bidang pemerintahan, swasta/perusahaan, organisasi non profit atau bahkan pada bidang militer. Seiring dengan banyaknya pemanfaatan Network Centric, perlu adanya sebuah wadah khusus untuk berkomunikasi antara para penggiat, pengguna, vendor ataupun stakeholder yang terkait dengan prinsip dan implementasi dari Network Centric Principles. Selain hal tersebut, perlu juga adanya badan yang mengatur mengenai standarisasi regulasi, serta protokol dan aplikasi yang mendukung di dalam jalannya Network Centric Principles. Terkait dengan dua hal tersebut, maka didirikanlah sebuah badan yang bernama NCOIC pada tahun 2004.


      NCOIC sendiri merupakan singkatan dari Network Centric Operations Industry Consortium yang merupakan organisasi internasional yang berfokus kepada pengembangan dan pemanfaatan network centric principles serta sistemnya di seluruh dunia. Tujuan dari adanya NCOIC adalah untuk meningkatkan produktivitas, interaksi, kenyamanan, keamanan serta implementasi dan pemanfaatan Network Centric sekaligus menjadi wadah untuk berbagi informasi antar sesama anggota. NCOIC sendiri sudah memiliki banyak negara-negara serta perusahaan IT di dunia sebagai anggotanya, dengan biaya keanggotaan yang bervariasi.
      Terkait dengan pendaftaraan keanggotaan, hal tersebut dapat langsung dijumpai pada website NCOIC (www.ncoic.org).  NCOIC sendiri memiliki 5 prinsip dasar terkait dengan NCP.
  • Dinamis
Prinsip ini memiliki arti bahwa semua entitas yang ada di dalam NCP harus mampu mendukung lingkungan (environment) serta kebiasaan (behavior) yang bersifat dinamis

  • Global
Prinsip ini berarti penerapan NCP harus bersifat global, tidak dibatasi oleh perbedaan platform, OS, aplikasi ataupun device.
  • Eksplisit
Prinsip ini berarti setiap informasi yang ditampilkan harus bersifat eksplisit atau jelas, tidak berbelit-belit sehingga semua informasi dapat dipahami dengan mudah.

  • Simetrik
Prinsip ini berarti relasi dan entitas harus bersifat simeteris dari sisi struktur, yang mana harus saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

  • Entitas
Prinsip inio berarti bahwa setiap entitas memiliki identitas pengenal berbeda, sehingga tidak dapat menggunakan identitas yang sama. Entitas ini haruslah bersifat unik.

0 komentar:

Posting Komentar

Nama :